• Contact Us

    CS : 0819 4505 9000

    WA : 0838 0405 9000

    Pin BB: 74261930

    ID Line: bengkeldatacom

    ID WeChat/KakaoTalk/ Hangouts: bengkeldata

    twitter: @bengkeldata

    email: info@bengkeldata.com

    bengkeldata@gmail.com


    FB: http://facebook.bengkeldata.com

  • Fans Page

  • TwitTwit

  • TOP Search

    • Tidak ada

Pengaruh Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan

Setelah konsep Kepuasan Pelanggan ( Custome Satisfaction Concept ) sudah dibahas pada artikel sebelumnya, dan pembahasan  8 Faktor Utama Demi Terciptanya Kepuasan Pelanggan di artikel ini , kemudian dibahas juga tentang Teknik Pengukuran Kepuasan Pelanggan. Sekarang saatnya membahas artikel tentang Pengaruh Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan

Dalam artikel sebelumnya, bahwa kepuasan  akan menimbulkan loyalitas pelanggan, maka loyalitas sebagai variable endegenous disebabkan oleh suatu kombinasi kepuasan, rintangan pengalihan  (switching barrier) pemasok, dan keluhan.

Jadi dapat dirumuskan bahwa:

Loyalitas Pelanggan = f (customer satisfaction, switching barriers, voice)

Loyalitas pelanggan merupakan dorongan perilaku untuk melakukan pembelian secara berulang-ulang dan untuk membangun kesetiaan pelanggan terhadap suatu produk/jasa yang dihasilkan oleh badan usaha membutuhkan waktu yang lama melalui suatu proses pembelian yang berulang-ulang tersebut (Olson, 1993). Apabila perusahaan Anda ingin mengetahui sejauhmana pelanggan anda puas / tidak puas, maka Anda dapat meminta bantuan ke kami, Beta Consulting ( www.bengkeldata.com ). Kami akan bantu Anda melihat sejauh mana perusahaan Anda di mata customer / pelanggan. Silahkan menghubungi nomer telp  0819 4505 9000 – 0838 0405 9000 dan email: info@bengkeldata.com.

Dalam pasar yang tingkat persaingannya cukup tinggi, perusahaan mulai bersaing untuk memberikan kepuasan kepada pelanggannya agar pelanggan mempunyai kesetiaan yang tinggi terhadap jasa layanan Iklan yang ditawarkan oleh perusahaan.  Menurut  Jones dan Sasser (1994:745)  menyatakan bahwa loyalitas pelanggan merupakan suatu variabel endogen yang disebabkan oleh kombinasi dari kepuasan sehingga loyalitas pelanggan merupakan fungsi dari kepuasan.  Jika hubungan antara kepuasan dengan loyalitas pelanggan adalah positif, maka kepuasan yang tinggi akan meningkatkan loyalitas pelanggan. Dalam hal ini loyalitas pelanggan berfungsi sebagai Y sedangkan kepuasan pelanggan berfungsi sebagai X.  Jones dan Sasser (1994:746),  menggambarkan pengaruh antara kepuasan pelanggan dan loyalitas pelanggan sebagai berikut: Faktor-Faktor kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Pelanggan

Dalam pasar yang tingkat persaingan cukup tinggi, kepuasan pelanggan dan loyalitas pelanggan saling berhubungan.  Hal ini dapat disebabkan karena dalam kondisi ini banyak badan usaha yang menawarkan produk dan jasa sehingga konsumen mempunyai banyak pilihan produk pengganti dan cost switching  sangat rendah, dengan demikian produk atau jasa menjadi tidak begitu berarti bagi konsumen. Hubungan antara kepuasan pelanggan dan loyalitas pelanggan tersebut diatas digambarkan garis lurus dan searah, yang artinya adalah bila badan usaha meningkatkan kepuasan kepada pelanggan maka loyalitas pelanggan juga akan meningkat begitu pula sebaliknya bila badan usaha menurunkan kepuasan pelanggan maka secara otomatis loyalitas pelanggan juga akan menurun.  Jadi dalam hal ini kepuasan pelanggan merupakan penyebab terjadinya loyalitas pelanggan sehingga kepuasan pelanggan sangat mempengaruhi loyalitas pelanggan.

Apabila perusahaan Anda ingin mengetahui sejauhmana pelanggan anda puas / tidak puas, maka Anda dapat meminta bantuan ke kami, Beta Consulting ( www.bengkeldata.com ). Kami akan bantu Anda melihat sejauh mana perusahaan Anda di mata customer / pelanggan. Silahkan menghubungi nomer telp 0819 4505 9000 – 0838 0405 9000 dan email: info@bengkeldata.com.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: