Analisa Data : Analisis Data Uji Cluster Analysis

Cluster Anaysis bertujuan untuk mengelompokkan objek-objek (responden, produk, kemasan atau lainnya) berdasarkan kesamaan karakteristik dari objek-objek tersebut. Objek tersebut akan dikelompokkan ke dalam satu atau lebih cluster (kelompok), sehingga objek yang berada dalam satu cluster akan memiliki kesamaan karakteristik. Analisis Cluster dipakai dalam olah data statistik yaitu untuk melakukan segmentasi konsumen dalam pemasaran.

Model Analisis

Termasuk ke dalam Interdependence Model, artinya tidak pengelompokkan  independent variabel atau dependent variables pada semua variabel yang di analisis

Metode Cluster

1. HIERARCHICHAL METHOD :  Semua objek dikelompokkan berdasarkan kedekatannya, sehingga membentuk dendogram (pohon hirarki). Dendogram tersebut menggambarkan objek yang paling mirip sampai yang paling berbeda. Cocok untuk data yang sedikit <100

2. NON-HIERARCHICHAL METHOD (K-MEANS CLUSTER). Analisis dimulai dengan menentukan jumlah cluster yang diinginkan (dua, tiga atau empat cluster), kemudian proses cluster dilakukan tanpa mengikuti proses hirarki. Cocok untuk data yang besar >100

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: