Data Panel (Pooled Data), Kombinasi Antara Data Silang (Cross Section) dan Data Runtun Waktu (Time Series)

 

Oleh: Sopana

Data Panel (Pooled Data), Kombinasi Antara Data Silang (Cross Section) dan Data Runtun Waktu (Time Series)

Sebelum dijelaskan pengertian Data Panel (Pooled Data), di bawah ini akan dijelaskan terlebih dahulu pengertian Data Silang (Cross Section) dan Data Runtun Waktu (Time Series) beserta contohnya.

Data Cross Section / Data Silang adalah data yang menunjukkan pada suatu titik waktu tertentu. Contohnya laporan keuangan per 31 desember 2015, data pelanggan PT. Bulan Kembar bulan Juni 2015.

Contoh lainnya: data kinerja keuangan perusahaan pada bulan Juli 2011, terdiri dari data ROA, data DER, data ROE, data laba bersih (earning after interest and tax), dan data keuangan lainnya pada bulan Agustus 2015.

Data Runtun Waktu/ Data Time Series adalah merupakan data yang terdiri atas satu objek tetapi meliputi beberapa periode waktu misalnya harian, bulanan, mingguan, tahunan, dan lain-lain. Contoh data Data Runtun Waktu/ Data Time Series adalah data jumlah impor sapi Australia dari tahun 2010 sampai 2015, data produksi kopi dunia dari tahun 2000 sampai dengan tahun 2005, data perkembangan nilai tukar dollar amerika terhadap rupiah dari tahun 2005 sampai 2015, data jumlah pelanggan PT Angin Sejuk dari tahun 2008 sampai tahun 2015, dan lain-lain.

 

Data panel (Pooled Data) adalah data yang menggabungkan antara data runtun waktu (time series) dan data silang (cross section). Karena itu data panel (Pooled Data) akan memiliki beberapa objek dan beberapa periode waktu.

jadi,

Data Panel (Pooled Data) =

Data Silang (Cross Section) + Data Runtun Waktu (Time Series)

Contohnya adalah data panel faktor eksternal (PDB, inflasi, BI rate) dan faktor internal (DER, ROA) PT Angin sejuk dari tahun 2002-2012; Data panel ekspor CPO Indonesia dan Malaysia pada periode tahun 2002 – 2012, data panel ekspor dan impor rempah-rempah Indonesia pada periode 2005-2012 per tiga bulanan (triwulanan).

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: